Jumat, Januari 29

Hari Terbuka Saksi-Saksi Yehuwa

Sumber: Solomon Star

Hari Terbuka Saksi-Saksi Yehuwa

Kamis, 14 Januari 2010

BANGUNAN-bangunan komersial, sebagian besar, sangat jarang menginspirasi manusia untuk menginginkan kesempurnaan, namun, bangunan yang dirancang dan dibangun untuk tujuan religius cenderung membimbing individu-individu dan kadang seluruh komunitas ke tingkat kesempurnaan yang lebih tinggi.

Yang seperti itu adalah pengalaman yang akan didapat oleh mereka yang memiliki keberanian agama pribadi mereka namun yang tidak membiarkan ego/prasangka mereka menjauhkan mereka dari pengalaman harmoni, keseimbangan, kenyamanan, kehangatan dan ketentraman.

Sejak awal, karena keingintahuan, saya telah memperhatikan program pembangunan fasilitas Saksi-Saksi Yehuwa.

Namun sekarang sesuatu yang baru segera muncul dari fondasi konstruksinya untuk menampung sebuah komunitas kecil berdedikasi dari para penganut yang setia yang akan mencapai tujuan dan sasarannya.

Seperti apa tampilan akhir bangunan itu nantinya, seperti yang saya kira saat itu, tetap sebuah kuantitas yang tak diketahui.

Seraya bulan-bulan bergulir saya memperhatikan wanita-wanita setempat melakukan tugas yang biasanya hanya dilakukan oleh pria seperti mengendarai sebuah fork lift dan menekuk/membentuk baja menjadi rangka kuat sesuai dengan spesifikasi kerjanya; para relawan setempat dan luar negeri lainnya bergabung ke dalam “pekerjaan kasih” itu dan membentuk apa yang mungkin bisa disebut sebuah gugus kerja komunitas PBB tak resmi.

Atmosfir di tempat itu adalah satu dari kebahagiaan komunal – pria dan wanita dari berbagai kebudayaan bekerja untuk mencapai tujuan yang sama.

Betapa pengalaman emosional yang mengharukan.

Namun itu semua dahulu dan sekarang yang membuat saya senang, selama hari-hari terakhir tahun 2009 Saksi-Saksi Yehuwa mengumumkan di media lokal bahwa Saksi-Saksi Yehuwa merencanakan Hari Terbuka untuk para pengunjung.

Pada hari Sabtu tanggal 9 Januari 2010 sekitar pukul 9 pagi saya bersama seorang teman mengunjungi kompleks Saksi-Saksi Yehuwa yang baru di Panatina.

Gerbang utamanya, jalan masuknya dan permukaan jalan setapaknya diselesaikan hingga taraf menakjubkan.

Jika ini adalah hasil karya di luar kemudian seperti apakah di dalamnya?

Mobil kami adalah yang pertama parkir sehingga kami bisa melihat lanskaping yang tertata baik dan bangunan administrasi yang baru saja dicat tanpa dihalangi mobil-mobil lainnya.

Seraya sedikit berjalan kaki ke depan pintu kaca ganda kita bisa sepintas melihat interior dari serambi dan, kami bertemu dengan himpunan yang terdiri dari penyambut lokal dan internasional yang menetapkan atmosfir bagi selebihnya dari tur kami.

Menaiki tangga untuk melihat pameran yang pertama kami terkesan dengan ketenangan dari pemandu tur dan kelengkapan informasi sehubungan dengan bagaimana Sedarlah! Dan Menara Pengawal diterbitkan.

Yang tak kami kira adalah bahwa pengalaman pertama itu menetapkan nada untuk mengenali ruang-ruang yang efisien dan kegiatan terkaitnya misalnya di ruang tata suara/studio rekaman, ruang kantor tiga orang dan ruang pertemuan pagi.

Ruang interiornya adalah pemandangan yang melampaui kemegahan.

Lukisan-lukisan berbagai skenario dari Yesus Kristus oleh seniman Saksi-Saksi Yehuwa menghiasi dinding dan saya kira semua itu memiliki kualitas yang layak dipublikasikan terpisah untuk ditampilkan sebagai hadiah.

Meninggalkan bangunan adminstrasi kami menyeberang ke sayap residensial untuk melihat unit tinggal tamu dan kembali ruang rancangannya nikmat untuk dilihat – pintu masuk, ruang tunggu, tempat tidur, kamar mandi, area persiapan makanan, termasuk sebuah kompor/oven empat tungku dengan sebuah atap besar, lemari pakaian semuanya ditata dengan nyaman dan efisien di dalam sebuah pengaturan yang kompak.

Saya secara bercanda bertanya apakah mereka bisa menyisihkan satu akomodasi untuk saya.

Seraya kami menaiki tangga ke lantai satu, pemandu kami berkata akomodasi staf lantai atas serupa dengan yang di lantai dasar.

Kembali ke lantai bawah untuk melihat sayap berikutnya kami bertemu dengan pemangkas rambut di ruang tugasnya yang kecil namun rapi.

Dia menyambut kami dengan senyum khas dari semua pemandu dan menceritakan peran layanannya bagi komunitas kecil rekan seiman.

Dia memangkas rambut pria dan para wanita melakukannya sendiri.

Orang-orang di lantai dasar dan toko-toko mereka, sikap mereka, teknologi tepat yang tersedia dan berguna dll. dll. dll. semuanya ada.

Perawatan dari aset-aset terbuat dari kayu, lift hidrolik di ruang kerja mesin – bersih seperti di rumah sakit, sangat mengesankan.

Kami kemudian mengunjungi ruang binatu dan semua komentar pujian di atas berlaku juga di ruang ini dan atas pribadi-pribadi yang menyediakan layanan yang sangat dibutuhkan untuk perawatan higienis bagi seluruh staf.

Ah, dapurnya, sebagai tempat yang paling menuntut higienis tinggi itu fungsional, efisien semuanya baja anti karat, di mana-mana, lantai keramik, keterbukaan dan semangat sang koki – menakjubkan.

Jika mereka menjual makanan kepada umum, itu akan menjadi tempat makan favorit saya.

Salah satu dari Hukum Allah yang abadi adalah perintah bagi kemanusiaan untuk berjuang untuk mencapai kesempurnaan di segala hal.

Kita berada di jalur untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bersih dan dengan pengalaman kami di fasilitas Saksi-Saksi Yehuwa, mereka jelas mengerti persyaratan yang menggemakan frase “... kebersihan ada di samping Ketuhanan.”

Secara umum, seluruh fasilitas itu mendapat nilai tripel ‘A’.

Fasilitas itu bisa menjadi model bagi komunitas Kepulauan Solomon untuk melihat apa yang bisa dilakukan di sini tanpa peduli siapa pun yang akan menggunakannya.

Saya meminta dan mendapatkan salinan daftar periksa/jadwal perawatan keseluruhan mereka dan setelah meninjaunya, adalah bermanfaat bagi setiap entitas Pemerintah yang memiliki tanggung jawab merawat kemajuan/aset pemerintah untuk meminta salinan dokumen itu sebagai rujukan cara-melakukannya dan untuk memahami kesaksamaan tentang bagaimana Saksi-Saksi Yehuwa melaksanakan tugas mereka.

Sang perancang, gugus kerja gabungan dan para administrator yang ada sekarang bisa disebut telah menciptakan sebuah permata di firdaus.

Dan tantangannya adalah bagaimana kita menirunya?

Bangunan-bangunan itu mewakili kebersihan, ketertiban, (eksterior yang dirancang sederhana, hasil karya interior yang membuat mulut ternganga).

Itu adalah salah satu representasi terbaik dari iman yang dipraktekkan.

Ciri-ciri rohani dari kasih, persaudaraan dan persatuan tercermin dalam caranya bangunan tersebut direncanakan, dirancang, dibangun dan sekarang digunakan.

Jika mungkin timbul pertanyaan dari para pembuat keputusan di bidang apa pun mengenai contoh apa di Kepulauan Solomon yang dapat kita tiru untuk mencapai kesempurnaan di segala hal, itu adalah fasilitas Saksi-Saksi Yehuwa dan orang-orang di Panatina yang mungkin kita temui, karena mereka, bangunan-bangunannya dan kasih mereka kepada Yehuwa menaikkan patokan hingga ke tingkat yang diinginkan untuk membantu warga Solomon untuk mencapai sebuah tingkat kesempurnaan yang mungkin yang tidak pernah mereka kira mungkin.

Jika Anda ketinggalan (masih belum terlambat untuk melihatnya). Bangunan adalah/bisa menjadi cerminan dari pemiliknya dan hal ini tentu saja benar bagi fasilitas Saksi-Saksi Yehuwa.

Jika jabatan Anda adalah seorang MP, PS atau manajer/adminstrator pemerintah.

Jika Anda ketinggalan Hari Terbuka Saksi-Saksi Yehuwa bersama para pemandu yang cantik, buatlah upaya untuk untuk meminta waktu lain untuk berkunjung.

Itu akan menjadi inspeksi bangunan yang paling menyenangkan yang akan Anda dapatkan untuk waktu yang lama; pastikan untuk membuat catatan karena pengalaman itu mungkin menjadi awal dari sesuatu yang baik untuk kota Honiara dan Kepulauan Solomon.

Oleh DON BOYKIN
Pacific Architects
Honiara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar