Jumat, Januari 29

Keputusan pengadilan lagi menandakan merosotnya kebebasan di Rusia

Sumber: JW-Media.org

Untuk Rilis Segera
27 Januari 2010

Keputusan pengadilan lagi menandakan merosotnya kebebasan di Rusia

GORNO-ALTAYSK, Rusia—Sebuah tren mengkhawatirkan berlanjut di Rusia pada hari Rabu sewaktu Mahkamah Agung Republik Altay menguatkan keputusan pengadilan rendah kota untuk menyatakan 18 publikasi religius dari Saksi-Saksi Yehuwa sebagai ekstremis. Hal ini sama dengan keputusan atas sebuah kasus serupa bulan lalu di Mahkamah Agung Federasi Rusia di Moskow. Perkembangan tersebut telah menarik perhatian para aktivis hak asasi manusia dan lainnya, membuat banyak pengamat internasional prihatin tentang apa yang akan menjadi ujungnya.

Horst Henschel adalah seorang anggota direksi dari Wachtturm Bibel- und Traktat-Gesellschaft, korporasi yang mencetak publikasi Kristen yang sedang diperkarakan. Henschel sendiri disiksa di Jerman Timur karena imannya dan sangat menegaskan keprihatinannya atas keputusan ini: “Mencap publikasi kami sebagai ‘ekstremis’ tidak masuk akal bagi kami, khususnya karena literatur kami menganjurkan nilai-nilai keluarga yang kuat, merespek pihak berwenang dan kasih kepada sesama. Negara mana yang tidak menginginkan warga yang mencerminkan prinsip-prinsip tersebut? Kami tahu bahwa jutaan orang akan menyuarakan keprihatinan mereka bahwa keputusan ini mencerminkan Rusia yang meningkatkan pembatasannya atas kebebasan berpikir dan kebebasan berekspresi yang penuh damai.”

Banyak orang Rusia dan tamu luar negeri yang sudah bingung oleh kesimpulan para pakar yang mempengaruhi kasus itu, khususnya setelah mereka sendiri meninjau literatur itu secara online. Sebelumnya di bulan ini, sejumlah organisasi hak-hak asasi internasional membuat permohonan terbuka kepada presiden Federasi Rusia, di mana mereka mengutarakan keprihatinan mereka atas pelanggaran hak-hak Saksi-Saksi Yehuwa di Rusia. Pernyataan itu sebagian berbunyi: “Pengakuan materi-materi itu sebagai ekstremis didasarkan pada penilaian amoral yang ‘sesuai-pesanan,’ yang dilakukan oleh para pakar yang dipilih oleh penuntut. . . . Pengakuan para pakar tersebut mengubah puluhan ribu orang beriman menjadi kriminal. . . . Tuntutan kriminal atas iman seseorang sangat mungkin menjadi kenyataan setiap saat.”

Saksi-Saksi Yehuwa memiliki 160.000 anggota di Rusia, dan hampir 300.000 orang yang menghadiri acara tahunan terbesar mereka.

Kontak:
Di Rusia: Grigory Martynov, tel. +7 911 101 7624
Di AS: Mario Moreno, tel. + 1 845 396 0711
Di Belgia: Marc Hansen, tel. + 32 2 782 0015
Di Jerman: Wolfram Slupina, tel. + 49 6483 413110

Tidak ada komentar:

Posting Komentar