Kamis, Maret 18

Penyitaan properti religius di Rusia dimulai

Sumber: JW-Media.org

Untuk Rilis Segera
9 Maret 2010

Penyitaan properti religius di Rusia dimulai

TAGANROG, Rusia—Pada tanggal 1 Maret 2010, para petugas penegak hukum menutup dan menyegel Balai Kerajaan Saksi-Saksi Yehuwa di kota Taganrog, Wilayah Rostov.

Penyitaan bangunan itu adalah salah satu dari tuntutan penuntut dalam peradilan kelanjutan atas likuidasi dari Organisasi Religius Lokal Taganrog dari Saksi-Saksi Yehuwa. Gedung itu dibangun pada tahun 2006 oleh Saksi-Saksi Yehuwa setempat, yang mendanai pembangunan dan penggunaannya dengan sumbangan sukarela mereka sendiri. Sejak saat itu bangunan itu telah berfungsi sebagai sebuah pusat untuk pelajaran Alkitab dan kebaktian religius, yang adalah cuma-cuma dan terbuka kepada umum.

Kebetulan atau tidak, para petugas penegak hukum muncul untuk menutup gedung itu satu hari setelah Saksi-Saksi Yehuwa menyelesaikan penyebaran risalah Akankah Hal itu Terjadi Lagi? Suatu Pertanyaan bagi Warga Rusia, yang diperkirakan memiliki peredaran di Rusia sebanyak 12 juta salinan. Publikasi itu mengutip bagian dari pidato presiden Rusia, yang mengutuk pelanggaran hak-hak asasi manusia dan pembatasan atas kebebasan yang diizinkan terjadi di masa lalu.

Ini adalah kasus pertama di Rusia yang demokratis di mana sebuah gedung religius yang dimiliki oleh Saksi-Saksi Yehuwa disita. Sekitar 60 tahun yang lalu, rumah dan properti dari ribuan Saksi-Saksi Yehuwa disita, dan Saksi-Saksi diasingkan ke Siberia “untuk menetap secara permanen.” Lebih dari satu dekade kemudian, Perintah dari Dewan Tertinggi U.S.S.R tertanggal 20 September 1965, akhirnya membebaskan mereka, dan Perintah dari Presiden Federasi Rusia tertanggal 14 Maret 1966, sepenuhnya mencabut tuduhan atas mereka dan menyatakan mereka sebagai korban represi politik.

“Di bawah rezim Soviet,” kata Vasily Kalin, ketua dari Pusat Administratif Saksi-Saksi Yehuwa, “Saksi-Saksi Yehuwa awalnya diasingkan dari kehidupan umum dan dipaksa masuk ke bawah tanah. Kemudian mereka dinyatakan sebagai sektarian suram yang memilih untuk bersembunyi dari orang-orang. Kembali kita melihat sebuah gambaran yang mirip sekarang sehubungan dengan Saksi-Saksi. Sementara properti mereka sedang disita dengan dalih melawan ektremisme, properti yang sebelumnya diambil dari agama-agama lain sedang dikembalikan.”

Informasi kontak:
Di Rusia: Grigory Martynov, telepon +7 (812) 702-26-91
Di AS: Mario Moreno, telepon +1 845 306 0711

Tidak ada komentar:

Posting Komentar