Jumat, April 9

Pembakaran atas rumah ibadah di Rusia

Sumber: JW-Media.org

Untuk Rilis Segera
8 April 2010

Pembakaran atas rumah ibadah di Rusia


BUDENNOVSK, Wilayah Stravropol—Di malam tanggal 20 Maret 2010, kebakaran terjadi di rumah ibadah, atau Balai Kerajaan, Saksi-Saksi Yehuwa di Budennovsk. Tak seorang pun berada di sana waktu itu sehingga tidak terdapat korban namun interior, termasuk langit-langit, dinding dan kursi musnah. Kerusakan diperkirakan hampir 1.000.000 rubel (Rp. 316 juta). Dicurigai itu adalah pembakaran dan sekarang hal itu telah dipastikan.

Hasil dari pemeriksaan pakar keamanan kebakaran dan mekanikal mendukung temuan awal bahwa para penyerang bisa masuk dengan menggunakan tangga darurat dan melewati lantai atas bangunan itu. Para pengacau itu di sana menyalakan suatu cairan yang mudah terbakar. Jadi para penyelidik mengesampingkan kemungkinan bahwa malfungsi atau kabel listrik menyebabkan kebakaran itu. Sebagai tambahan, selama menyelidikan, ditemukan bukti bahwa ada upaya sebelumnya untuk membakar balai itu dari lantai atas. Temuan ini didukung oleh pengamatan para umat yang berkata bahwa sekitar satu minggu sebelumnya mereka memperhatikan ada bau kimia di balai, yang tidak bisa mereka temukan sumbernya saat itu.

Ketua dari Organisasi Religius Lokal Saksi-Saksi Yehuwa di Kota Budyonnovsk, Alexander Gaponov, menyatakan perasaan dari banyak Saksi-Saksi Yehuwa di daerah itu ketika dia berkata: “Kami membangun Balai Kerajaan yang indah ini dengan tangan kami sendiri dan dengan biaya kami sendiri. Kami mencurahkan hati kami dalam membangunnya. Di balai ini orang-orang telah belajar untuk hidup damai dan harmonis dengan sesama mereka. Menyedihkan bahwa serangan semacam ini telah dilancarkan terhadap mereka yang tampaknya berbeda, hingga pada titik di mana beberapa orang siap untuk melakukan aksi perusakan semacam ini.”

Anton Omelchenko, seorang pengacara yang mewakili Saksi-Saksi Yehuwa, berkomentar atas insiden itu: “Pembakaran dalah tindakan kriminal dan dapat dihukum penjara hingga lima tahun. Kejahatan yang dilakukan terhadap Saksi-Saksi Yehuwa menunjukkan intensitas dari intoleransi religius terhadap komunitas umat ini, dan sayangnya, sikap semacam itu sekarang sedang dipromosikan dalam masyarakat Rusia.”

Pada tanggal 29 Maret 2010, kasus itu dipindahkan ke Departemen Kepolisian Budyonnovsk yang akan memutuskan apakah suatu kasus kriminal akan dimulai atau tidak.

Kontak:
Rusia: Grigory Martynov, Telepon +7 812 702 26 91
Eropa: Marc Hansen, Telepon + 32 2 782 0015
AS: Mario Moreno, Telepon + 1 845 396 0711

Tidak ada komentar:

Posting Komentar